Petiklah 10 Kumtum Bunga Untukmu

Oleh Ummu Mariah Iman Zuhair

Sesungguhnya kita, sebagaimana para ibu dan akhawat, berjalan dalam mengarungi hidup ini dengan banyak sekali ujian, tantangan, resiko dan pelajaran. Agar kita bisa melaluinya, maka kita harus menyentuh solusi yang terpenting. Dan solusi tersebut adalah bunga-bunga yang perlu kita petik agar bisa diambil manfaatnya. Bunga-bunga itu antara lain adalah:

Bunga pertama, Ingatlah bahwa Rabb anda adalah Dzat yang mengampuni orang yang beristighfar, Dzat yang akan menerima taubat orang yang bertaubat, dan menerima orang yang kembali kepada-Nya.

Bunga Kedua, Kasihanilah orang-orang yang lemah, maka anda akan berbahagia. Berikanlah kepada orang-orang yang membutuhkan, maka anda akan disembuhkan, dan janganlah memendam kebencian, maka anda akan dimaafkan.

Bunga Ketiga, Optimislah, maka Allah SWT selalu bersama anda, para malaikat akan senantiasa memohonkan ampun untuk anda, dan sorga senantiasa menunggu anda.

Bunga Keempat, Hapuslah airmata anda dengan berbaik sangka kepada Rabb anda. Lemparkanlah kegundahan anda dengan mengingat nikmat Allah SWT yang telah dilimpahkan kepda anda.

Bunga Kelima, Janganlah mengira bahwa bumi ini akan sempurna bagi seseorang. Tidak ada dipermukaan bumi ini seorangpun yang memperoleh segenap keinginannya dan selamat dari segenap kesedihan.

Bunga Keenam, Jadilah anda seperti pohon korma yang tinggi cita-citanya, jauh dari kotoran-kotoran, jika engkau melemparinya dengan batu, maka dia akan memberikan korma segarnya kepada anda.

Bunga Ketujuh, Pernahkah anda mendengar bahwa kesedihan itu akan mengembalikan apa yang telah lepas, dan kesusahan itu dapat mempebaiki kesalahan yang sudah terjadi?  Kalau begitu, mengapa bersedih dan susah ?!

Bunga Kedelapan, Janganlah anda menunggu ujian dan fitnah, akan tetapi tunggulah keamanan, keselamatan dan ‘afiah, insya Allah.

Bunga Kesembilan, Padamkanlah api kebencian dari dadamu dengan pemberian maaf yang sempurna kepada setiap orqang yang berlaku buruk kepada anda.

Bungan Kesepuluh, Mandi, wudhu’, memakai minyak wangi, bersiwak dan keteraturan (kedisiplinan) adalah obat mujarab bagi setiap kesusahan dan kesempitan.

Sumber Qiblati edisi 11/III, Agustus 2008

%d blogger menyukai ini: