Menteri Agama Minta Maaf kepada Jemaah Haji

Jeddah (MCH). Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh jemaah haji Indonesia karena pihaknya belum bisa memberikan pelayanan yang memuaskan kepada seluruh jemaah, terutama dalam hal pemondokan.

“Saya menyampaikan permintaan maaf bila bapak ibu sekalian mendapatkan maktab yang jauh. Sekali lagi saya mohon maaf atas segala kekurangan yang ada,” kata Maftuh saat meninjau aktifitas pemulangan jemaah haji Indonesia di Terminal Haji Bandara Raja Abdul Aziz Jeddah, Kamis, 18 Desember kemarin petang.

Maftuh menyampaikan permintaan maafnya dengan ucapan tersendat dan mata berkaca-kaca dihadapan jemaah haji yang tengah menunggu pemberangkatan ke tanah air. “Sekali lagi saya minta maaf. Ini tidak akan terjadi lagi Insyaallah. Dan mudah-mudahan pahala ibadah bapak ibu lebih besar, menjadi haji yang mabrur. Insyaallah bisa pulang dengan selamat sampai ke tanah air,” katanya diantara kerumunan sejumlah jemaah haji dari kelompok terbang lima asal embarkasi Balikpapan yang tengah menunggu pemberangkatan.

Meski sebelumnya tidak sedikit anggota jemaah yang protes, marah dan kecewa karena mendapatkan pemondokan yang jauh dari Masjidil Haram dan fasilitas transportasi yang tidak memadai, namun beberapa anggota jemaah yang berdiri di sekitar menteri menyatakan ikhlas menerima kondisi yang ada.

Namun demikian, seperti dilaporkan MCH Jeddah, mereka tetap berharap ke depan pemerintah bisa memperbaiki pelayanan ibadah haji dan menyediakan pemondokan yang dekat dengan Masjidil Haram sehingga jemaah bisa leluasa menjalankan ibadah.

“Pelayanannya alhamdulillah sudah cukup bagus. Tapi karena pemondokan banyak yang jauh dan bus terbatas kami jadi tidak bisa sering beribadah ke Masjidil Haram. Selama sekitar 40 hari di Mekah saya hanya bisa ke sana enam kali,” kata Abdul Khalid Basyir (56), jemaah asal Kota Manado yang mendapatkan pemondokan di daerah Khalidiyah, sekitar tujuh kilometer dari Masjidil Haram. (*)

sumber informasihaji.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: