Pesawat Pemulangan Banyak Alami Delay

Jeddah,17/12 (MCH)–Berbeda saat kedatangan, penumpungan jemaah Haji di Bandara King Abdul Azis Jeddah tiap harinya tidak terhitung, penumpungan jemaah karena pesawat delay menjadi problem pemulangan jemaah Haji kali ini. Bahkan karena banyaknya jemaah yang akan diterbangkan ke tanah air tidak sesuai jadwal, jatah lokasi istirahat jemaah di Bandara King Abdul Azis jeddah selalu penuh.
Ketua Regu I Kepulangan jemaah sektor Bandara Daker Jeddah Drs. Sugito ketika di konfirmasi mengakui banyaknya pesawat Garuda delay yang menyebabkan terjadinya penumpukan jemaah Haji di Bandara King Abdul Azis Jeddah.

Penumpukan jemaah Haji terjadi mulai Hari ke 2 jadwal pemulangan jemaah ke tanah air atau terhitung tanggal 14 Desember kemaren. Penyebab pesawat garuda mengalami delay, karena kesulitan dalam mendapatkan parkir pesawat dan gate di Bandara King Abdul Azis Jeddah, “saya dapat informasi dari petugas Garuda, mengalami delay karena kesulitan mendapatkan parkir pesawat karena antar pesawat maskapai penerbangan mendarat hampir bersamaan di bandara, selain itu juga sulit mendapatkan gate kosong,” katanya.

Menariknya jelas Sugito, jemaah Haji cukup sabar dalam menyikapi banyaknya delay pesawat Garuda meskipun sebagian kecil ada juga jemaah yang protes, dimungkin sadarnya jemaah karena baru selesai menjalankan Ibadah Haji, Ketika disinggung kenapa Pesawat Saudi Arabia tidak mengalami delay, jelas Sugito karena maskapai saudi Arabia memiliki tempat parkir khusus untuk seluruh pesawatnya, Diungkapkan pula, pesawat delay dari amatannya adanya yang hingga mencapai 38 jam lebih sedangkan terendah hanya hitungan 1 sampai 2 jam.

Sementara jemaah haji asal embarkasih Ujung pandang makasar kloter 4 dan 5 yang delay hingga 38 jam lebih melakukan aksi protes di bandara king Abdul Azis Jeddah, mereka tidak menerima lamanya waktu delay oleh pesawat Garuda, ketua rombongan dan kloter memotori aksi protes jemaahnya hingga sempat mengganggu petugas penyelenggara haji sektor Bandara.(Yusridarto)

sumber : haji.depag.go.id

%d blogger menyukai ini: