Pemulangan dan Perawatan Jemaah Sakit Tidak Dibebani Biaya

Mekkah, 17/12 (MCH)–Maskapai penerbangan Garuda dan Arab Saudi memberikan pelayanan yang berbeda kepada jemaah haji Indonesia yang sedang dalam kondisi sakit saat pemulangan ke Tanah Air. Khususnya bagi jemaah yang dalam pemulangan tersebut dalam posisi berbaring.

Wakil Kepala Daerah Kerja Mekkah bidang pelayanan kesehatan Zainuswir Zainoen kepada MCH mengatakan, bila menggunakan Garuda, untuk jemaah sakit yang dalam posisi berbaring cukup menggunakan tiga tempat duduk, sedangkan maskapai penerbangan Arab Saudi menggunakan 6 tempat duduk.

Sementara itu untuk jemaah haji Indonesia dalam pemulangan kondisi kesehatan tidak terlalu parah, menurut Zainuswir Zainoen akan diserahkan kepada kloter masing-masing, guna dilakukan pemulangan.Sedangkan untuk jemaah yang masih harus menunggu karena perawatan,akan diberangkatkan melalui kloter lain.

Pemulangan jemaah haji Indonesia yang sedang dirawat di rumah sakit Arab Saudi juga diberlakukan sama, namun bila kondisi kesehatan jemaah belum pulih saat selesainya pelaksanaan haji pemantauan bagi jemaah yang bersangkutan dilakukan oleh Konsulat Jendral Republik Indonesia di Jeddah hingga keadaan jemaah layak diberangkatkan.

Pemberangkatannya sendiri akan didampingi dan dilakukan Konjend RI, untuk seluruh pelayanan kesehatan dan pemulangan bagi jemaah haji yang sakit tidak dikenakan biaya tambahan karena seluruhnya sudah termasuk dalam biaya haji.( Rustian al Ansori )

sumber : haji.depag.go.id

%d blogger menyukai ini: