Tabung Haji Resmi Bangun Pemondokan Jemaah di Mekah

Jakarta (MCH). Lembaga Tabung Haji sebagai penyelenggara perhajian Malaysia dengan menggandeng sebuah perusahaan raksasa Arab Saudi dan Malaysia akan membangun pemondokan jemaah haji di Mekah. Menurut salah satu pimpinan Tabung Haji, Datuk Ismee Ismail, keuntungan dari penyewaan pemondokan itu nantinya akan dikembalikan kepada jemaah dalam bentuk subsidi.

“Kita sedang merancang membentuk anak perusahaaan di sini yang tak menyalahi aturan yang ada,” katanya, seperti dikutip Berita Harian edisi Kamis, 4 Desember hari ini. “Keuntungan dari investasi itu dapat digunakan sebagai subsidi silang bagi pembiayaan penginapan jemaah haji kita jika kadarnya sampai ke tahap di luar kemampuan mereka,” katanya selepas menghadiri taklimat persiapan wukuf.

Menurut Ismee, salah satu cara untuk menekan biaya pemondokan haji adalah dengan membangun pemondokan sendiri. Sebab, tarip pemondokan di Mekah semakin liar dan tak terkendali seiring dengan dibongkarnya hampir 1.000 bangunan di Syamiyah, Mekah, sebagai perluasan Masjidil Haram. “Kita sedang melihat ke arah investasi jangka panjang di sini,” katanya.

Menurut Ismee, selama ini Tabung Haji sudah berinvestasi di Al-Hajar Tower sebanyak 210 kamar yang akan selesai tahun depan dan dijangka siap pada suku kedua 2009 juga sewa jangka panjang 10 tahun Hotel Movenpick di Madinah. “Inilah usaha kita menangani kenaikan sewa penginapan jemaah di sini.”

Tabung Haji menyiapkan 20 persen dari hartanya atau RM3,6 Milyar dari total aset sebesar RM18 Milyar untuk investasi properti, termasuk investasi di Malaysia sendiri senilai 500 juta Ringgit. “Secara peribadi, saya suka investasi di sini. Pertama karena Tabung Haji sudah beroperasi di sini selama 45 tahun dan selama 45 tahun mendatang pun kita perlu penginapan jemaah haji kita,” katanya, seperti dikutip Kantor Berita Malaysia, Bernama, Kamis, 4 Desember hari ini. (MH)

 

 

Sumber : Informasihaji.com

%d blogger menyukai ini: