Selama Ramadan Masjid Dibuka 24 Jam

Jakarta (MCH). Kementerian urusan Agama Islam Kerajaan Arab Saudi sudah menyiapkan sejumlah perencanaan selama bulan Ramadan 1429 Hijriyah ini antara lain dengan membuka semua masjid di wilayah kerajaan Aerab Saudi selama 24 jam penuh.

“Sepanjang waktu itu setiap muslim bisa mendekatkan diri kepada Allah dengan melaksanakan iktikaf,” kata Tawfik Al-Sedairi, Sekjen Kementerian Urusan Agama Islam Arab Saudi.

“Semua imam dan pekerja di masjid harus siap selama 24 jam yang nanti waktunya akan digilir. Tidak ada kamus masjid kosong petugas,” katanya. “Imam memang memiliki tugas berat selama Ramadan karena kehadiran mereka sangat dibutuhkan.”

Beberapa tahun lalu sejumlah jemaah merasa terganggu dengan hilangnya waktu Isya. “Saya banyak kehilangan karena kesempatan ketika Mufti memutuskan bahwa salat Isya diselenggarakan dua jam setelah ifthar (buka puasa),” katanya. “Sekarang diberi kesempatan yang lebih leluasa.”

Kementerian juga melarang masjid memasang empat arah pengeras suara karena dianggap menganggu jemaah. “Banyak jemaah yang komplain kehilangan konsentrasi dengan suara dari masjid.” (Musthafa Helmy)

sumber informasihaji.com

%d blogger menyukai ini: