Garuda Terbangkan 107.645 Jemaah Haji

Jakarta (MCH).Meskipun penerbangan untuk jamaah haji telah dibuka kepada semua maskapai di Indonesia, untuk tahun 2008 ini jemaah haji masih tetap diterbangkan oleh Garuda Indonesia. Kepastian Ini diungkapkan oleh Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar.

Emirsyah mengatakan, tahun ini Garuda akan mengangkut sebanyak 107.645 jamaah haji atau 55 persen dari seluruh jamaah haji Indonesia, sedangkan sisanya hampir 100.000 jamaah diangkut oleh maskapai dari Arab Saudi.

Menurutnya penumpang haji 2008 tersebut akan dibagikan dalam 402 kelompok terbang (kloter) pada sembilan embarkasi. “Kita akan menyediakan 14 unit pesawat,” kata Emirsyah saat pembukaan “Garuda Indonesia Tennis Series 2008” di Jakarta, seperti dikutip harian Kompas, Selasa 29 juli kemarin.

Jenis pesawat yang akan diterbangkan untuk melayani para jamaah haji adalah Boeing 747-400, Boeing 767-300 dan Airbus 330. Pesawat berbadan lebar tersebut bakal disewa dari sejumlah negara di Eropa dan Amerika Serikat.

Emir juga mengatakan bahwa ada kenaikan biaya dalam pelayanan. Hal ini disebabkan selain karena kenaikan harga BBM juga meningkatnya harga sewa pesawat.

Untuk harga sewa pesawat, jelasnya, harga meningkat karena musim haji 2008 berbarengan dangan masa peak season di luar negeri. “Jadi banyak juga pesawat yang digunakan untuk liburan, karenanya harganya meningkat,” katanya.

Selain itu, saat ini harga BBM juga sudah sangat tinggi. Jika dibandingkan pada musim haji 2007 saat itu harga BBM sebesar 58 dolar per barel, sedangkan saat ini harga BBM sudah lebih dari 100 dolar per barel. Dengan demikian maka Garuda juga menggunakan fuel surcharge yang baru. Namun, Emir tidak menyebutkan berapa kenaikan biaya untuk pelayanan haji ini. (Persda/Kompas)

%d blogger menyukai ini: