Perluasan Bandara Jeddah Ditandatangani

Jakarta (MCH). Putera Mahkota yang juga Menteri Penerbangan Sipil Kerajaan Arab Saudi Pangeran Sultan bin Abdul Aziz hari Selasa, 22 Juli kemarin menyaksikan penandatangani perluasan Bandara International Raja Abdul Aziz Jeddah. Kerajaan Arab Saudi dalam hal ini menggandeng Aéroports de Paris (ADP) Prancis sebagai perancang disain dan infrastruktur bandara.

Kepala Otorita Penerbangan Sipil Arab Saudi, Abdullah Ruhaimy menjelaskan bahwa Aéroports de Paris (ADP) akan menyediakan disain dan teknologi untuk bandara yang nantinya akan mampu melayani 30 juta penumpang pertahunnya dan menampung 74 super jumbo jet berbarengan hingga hingga tahun 2012. Nilai kontrak itu bernilai 514,9 juta Riyal atau 137 juta USD. Penandatangan dilakukan oleh Ruhaimy sendiri dan Piere Graff, CEO ADP. Bandara baru ini dibangun untuk mengantisipasi lonjakan penumpang serta beroperasinya pesawat super jumbo semacam A380 dengan kapasitas penumpang sampai 555 orang hingga 800 orang.

ADP akan mendisaian rel kereta api yang akan menghubungkan bandara tersebut dengan kota-kota penting seperti Mekah dan Madinah. Ruang penumpang yang nyaman, serta pusat perbelanjaan serta hotel di bandara akan tersedia. Begitu juga perparkiran yang memadai serta kargo. “Sasaran utama kami adalah bagaimana menjadikan bandara ini yang merupakan pusat bandara yang menghubungkan dengan semua kota dunia dan Arab Saudi ini menjadi bandara yang nyaman,” kata Ruhaimy.

Pada bulan Januari 2007, Pangeran Sultan telah menandatangani kontrak senilai 902,91 juta Riyal dengan Al-Mabani untuk pengembangan dan perbaikan fasilitas penerbangan bandara Jeddah. Pengembangan tersebut termasuk lokasi parkir pesawat yang lebih memadai dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bandara tersebut juga sudah menerapkan teknologi informatika. Gubernur Mekah Pangeran Khaled Al-Faisal beberapa hari lalu telah memeriksa kesiapan perluasan proyek Al-Mabani ini terutama terkait dengan musim umrah pada bulan Ramadhan dan musim haji tahun ini.

Demikian seperti diberitakan Kantor Berita Arab Saudi SPA yangdikutip harian Arab News edisi hari Rabo, 23 Juli hari ini. (Musthafa Helmy)

Sumber : informasihaji.com

%d blogger menyukai ini: