Haji Khusus Diberi Kesempatan Pelunasan 10 Hari

Jakarta (MCH). Pelunasan haji khusus (ONH Plus) diberi kesempatan 10 hari sejak lima hari dari Peraturan Presiden diumumkan tanggal 22 Juli kemarin. Berbeda dengan jemaah haji biasa yang diberi batas waktu 22 hari sejak lima hari peraturan presiden diumumkan.

Dalam penjelasannya, Menteri Agama RI H. Muhamamd Maftuh Basyuni menyatakan bahwa dana setoran awal 3.000 USD jemaah haji khusus akan dikembalikan kepada penyelenggara haji khusus setelah jemaah haji khusus tersebut melunasinya. Tarip minimal haji khusus adalah 5.000 USD, sehingga jemaah haji khusus hanya menambah 2.000 USD dan biaya dalam negeri sebesar Rp 400.000.

Sedangkan sisa dana jemaah haji khusus 2.000 USD akan dikembalikan kepada penyelenggara haji khusus oleh pemerintah setelah penyelenggara tersebut mendapatkan barcode dan visa jemaahnya. Itu pun nantinya diterimanya tidak utuh. Penyelenggara akan mendapat 1.700 USD karena dipotong pelayanan umum di Arab Saudi sebesar 300 USD.

Dengan demikian penyelenggara haji khusus akan mendapatkan dana jemaah yang 3.000 USD sekitar awal hingga pertengahan Agustus mendatang. Sejumlah penyelenggara haji khusus mengharap dana 3.000 USD segera dicairkan karena untuk membayar uang muka sewa hotel di Mekah dan Madinah. (Musthafa Helmy)

Sumber : Informasihaji.com

%d blogger menyukai ini: