Biaya Penerbangan Haji Capai 54%

Jakarta (MCH). Tarip penerbangan yang melonjak tinggi karena naiknya harga bahan bakar dunia tak pelak menjadikan tarip haji 2008 juga ikut naik. Menteri Agama dalam penjelasannya Selasa, 22 Juli kemarin malam, kenaikan biaya perjalanan ibadah haji tahun ini terkait dengan naiknya tarip penerbangan yang merupakan komponen tertinggi dari tarip haji keseluruhannya, yaitu 54%. Sementara biaya operasional di Arab Saudi mencapai 44,4%. Biaya dalam negeri hanya 1,6%.

Karena pertimbangan teknis dan biaya penerbangan, maka tidak kagi diberlakukan sistem zona, seperti yang diberlakukan tahun-tahun sebelumnya. Tarip penerbangan didasarkan pada masing-masing embarkasi. Walaupun pada beberapa embarkasi masih ditetapkan tarip sserupa. Misalnya, tarip penerbangan haji embarkasi Banjarmasin, Balikpapan, dan Makassar yang ditetapkan sama pada 3.517 USD. Sebelumnya juga sama pada angka 3.053,6 USD.

Jakarta dan Surabaya juga memiliki tarip sama, yaitu 3.430 USD yang sebelumnya 2.925 USD. Solo dan Palembang juga pada atrip yang sama yaitu pada 3.379 USD dan sebelumnya sama dengan Jakarta, 2.925 USD. Aceh dan Padang juga memiliki tarip yang sama yaitu 3.258 USD yang sebelumnya 2.822,8 USD.

Naiknya tarip penerbangan tak hanya menjadi persoalan jemaah haji Indoensia, tapi, sudah menjadi persoalan jemaah haji dunia. Jemaah haji Amerika Serikat, misalnya. Walaupun sudah ditetapkan tarip, namun bersifat sementara. Penerbangan nantinya akan menambahkan biaya tambahan bahan bakar (fuell surcharge) yang ditentukan pada saat berangkat. (Musthafa Helmy)

Sumber : Informasihaji.com

%d blogger menyukai ini: