Ketetapan Biaya Haji Tunggu Presiden

Jakarta (MCH). Sejumlah jemaah selalu bertanya kaoan biaya haji diumumkan dan kapan pelunasannya. Pada saat acara Informasi Haji dan Umrah (IHROM) di TVRI, Sabtu, 12 Juli lalu, beberapa orang bertanya langsung kepada narasumber dari Deoartremen Agama RI, Drs. H. Zainal Abidin Supi.

Pada jawabannya, Supi, tak bisa menjelaskan secara tepat. “Hal tersebut masih di tangan presiden yang kami semua harus sabar menunggunya,” katanya, dalam acara yang dipandu Hj. Isna Siskawati itu.

Departemen Agama sendiri sudah mengajukan suratnya kepada presiden sejak tanggal 10 Juni lalu. Ketua Komisi VIII DPR Hasrul Azwar, Selasa, 15 Juli kemarin, ikut menyayangkan keterlambatan itu yang diperkirakan akan mengganggu proses lain-lainnya. “Kalau dibandingkan dengan SK Presiden tahun lalu, maka sampai hari ini sudah terlambat 45 hari,” ujar Hasrul, seperti dijutip harian Kompas edisi Rabo, 16 Juli hari ini.

Hasrul menduga keterlambatan Presiden mengumumkan BPIH karena terkait dengan naiknya tarip penerbangan akibat naiknya harga bahan bakar minyak. “Jangan sampai keterlambatan ini memengaruhi pelayanan terhadap jemaah haji,” katanya.

Hasrul mengatakan, besaran BPIH akan berkisar 3.200-3.500 dollar AS dan Rp 501.000 untuk biaya dalam negeri. Besaran ini tidak lagi ditentukan berdasarkan zona seperti pada penyelenggaraan haji sebelumnya, tetapi akan ditentukan berdasarkan embarkasi keberangkatan. “Setiap embarkasi nanti berbeda besaran BPIH-nya,” ujarnya.

Namun, dari sumber Depertemen Agama, memang berbeda. “Mungkin Presiden masih memikirkan tentang kemungkinan untuk mengurangi jumlah BPIH, berapa yang bisa disediakan APBN agar tidak memberatkan masyarakat,” ujar H. Abdul Ghofur Jawahir, Direktur Penyelenggaraan Haji dan Sistem Informasi Haji Departemen Agama RI. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: